PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG KE-2 JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA (S1) TAHUN AKADEMIK 2020-2021

PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG KE-2 JALUR MANDIRI PROGRAM SARJANA  (S1) TAHUN AKADEMIK 2020-2021

 

 

 

1.KETENTUAN UMUM

a) Lulus pada satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK sederajat pada tahun 2018,2019, dan 2020;
b) Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
c) Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000;
d) Untuk menghindari Penyebaran Virus Corona COVID-19 proses pendaftaran dan ujian dilakukan secara daring (online) sebagai berikut:
 Pendaftaran pada laman website : http://pmb.uinsu.ac.id
 Ujian Online pada laman website: https://umm.uinsu.ac.id

2. JADWAL PELAKSANAAN

NO KEGIATAN WAKTU
1 Pembayaran 09 s.d. 18 September 2020
Pukul 24.00 WIB
2 Pendaftaran Online di website http://pmb.uinsu.ac.id 09 s.d. 19 September 2020
Pukul 14.00 WIB
3 Pelaksanaan Ujian Online 21 s.d. 22 September 2020
4 Pengumuman Kelulusan 26 September 2020

3. BIAYA PENDAFTARAN

NO PROGRAM KODE BAYAR BIAYA (RP.)
1 Sarjana (S1) 0108 250.000,-

4. TATA CARA PEMBAYARAN
Pembayaran dilakukan pada Bank BNI Syariah Seluruh Indonesia dengan cara sebagai berikut:

a) Melalui Teller BNI Syariah

1.Datang ke kantor cabang BNI Syariah terdekat
2.Pendaftar mengisi slip pembayaran dengan Besaran Biaya Pendaftaran dan Kode Bayar Pembayaran Jalur Mandiri : 0108 di atas.
3.Jika belum jelas, silahkan bertanya kepada petugas Bank BNI Syariah tentang tatacara pengisian slip pembayaran.
4.Setelah pembayaran, akan muncul ‘username’ dan ‘password’ pada slip pembayaran, yang akan digunakan untuk Login di Portal Pendaftaran Online pada laman website: http://www.pmb.uinsu.ac.id. Contoh slip pembayaran sebagai berikut:

Catatan:
– Alamat kantor Bank BNI Syariah di seluruh Indonesia dapat dilihat pada laman: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/kontak/lokator/cabang

b)Melalui ATM (baik ATM BNI Syariah maupun BNI Konvensional)

1. Masukkan kartu ATM2. Tekan PIN
3. Pilih Menu pembayaran
4. Pilih Universitas
5. Pilih SPC
6. Tekan 4008 diikuti nomor “Kode Bayar : 0108”.
7. Jika sudah sesuai nama dan nominal tekan BENAR.
8. Lakukan pembayaran
9. Selesai

5. TATA CARA PENDAFTARAN

1.Setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan Bukti Slip Pembayaran, lakukan Pendaftaran secara online pada laman website: http://pmb.uinsu.ac.id.
2.Pada kolom ‘Username’ dan ‘Password’, isikan ‘username’ dan ‘password’ yang ada di Bukti Slip Pembayaran bank.

3.Klik tombol ‘Login’ dan kemudian anda akan masuk ke Form pendaftaran sebagai berikut.

Catatan :
Field yg mempunyai tanda Bintang (*), wajib diisi.
Isikan data dengan Benar dan Lengkap (ketika lulus akan diverifikasi)
Foto yang diupload berbentuk Pas Foto.

4.Isi seluruh Form, (klik ‘Next’ hingga Form/Page ke-7). Seperti form dibawah ini :

5.Download dan Print Kartu Ujian. Kartu Ujian dan tanda pengenal (KTP) dibawa ketika mengikuti Ujian.

 

 

*di dalam kartu ujian terdapat beberapa informasi tentang jadwal, jam dan tempat penyelenggaraan ujian, dan materi ujian.

6. TATA CARA MENGIKUTI UJIAN MANDIRI SECARA DARING (ONLINE)

Ujian Mandiri secara daring (online) dilakukan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
1.Peserta melaksanakan Ujian Masuk Mandiri secara daring di rumah masing-masing dengan mengakses ke laman https://umm.uinsu.ac.id  2.Ujian dapat dilakukan menggunakan HP/Smartphone, tablet, laptop ataupun PC yang terkoneksi ke Internet.
3.Pastikan koneksi internet peserta dalam kondisi baik saat ujian berlangsung, jika koneksi terputus ujian tetap dapat dilanjutkan setelah internet terhubung kembali.
4.Pelaksanaan ujian dilakukan sesuai dengan jadwal hari yang telah ditentukan di kartu ujian peserta, namun untuk jam pelaksanaannya bebas selama dilakukan di hari yang sama.
5.Ujian hanya dapat dilakukan 1 kali kesempatan saja, tidak dapat diulang setelah anda mengklik tombol submit (kirim).
6.Durasi ujian dibatasi hingga 90 menit, 1 kali sesi dengan 4 kategori soal yaitu: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dengan jumlah 20 soal per masing-masing kategori.

7. PENUTUP

Demikian Pengumuman ini disampaikan, Apabila peserta mengalami kendala teknis maka peserta dapat bergabung di group telegram https://t.me/HelpdeskUINSUMedanhttps://t.me/UjianMasukS1DaringUINSU atau menghubungi helpdesk: 0821-6433-8869 (Can’t Talk, WhatsApp Only).