UIN SU Membumikan Al-Quran Menselaraskan Konsep Wahdatul Ulum

UIN SU Membumikan Al-Quran Menselaraskan Konsep Wahdatul Ulum

Medan, (UIN SU)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatera Utara (UIN SU) Medan mengadakan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), tujuan kegiatan ini untuk menyaring mahasiswa-mahasiswi FITK yang memiliki kompetensi dalam seni baca al-Quran.

Dalam kegiatan ini terlihat antusias mahasiswa FITK-UINSU Medan. Hal ini terbukti bahwa setiap prodi mengirimkan mahasiswa-mahasiswi terbaiknya dalam bidang seni baca al-Quran, Dr. Zaini Dahlan, M.Pd.I, selaku ketua panitia menyampaikan kepada seleruh peserta MTQ.

“Dengan pelaksanaan MTQ Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan Tahun 2022, diharapkan menjadi spirit bagi mahasiswa UIN SU, khususnya FITK dalam membumikan Al-Quran. MTQ bukan hanya sekadar ajang perlombaan semata, akan tetapi bagaimana agar Al-Qur’an bisa menjadi petunjuk bagi setiap pembacanya, serta perilaku yang ditampilkan juga merupakan cerminan dari Al-Qur’an”, terang Sekretaris Jurusan PGMI itu.

Di samping itu juga ia menyampaikan, bahwa MTQ kali ini juga merupakan ajang silaturahim antara qori/ah dan hafiz/ah di lingkungan FITK UIN SU. Pelaksanaan MTQ ini juga merupakan ajang seleksi untuk kafilah FITK pada MTQ UIN SU yang akan dilaksanakan pada tgl 14-15 Maret 2022 yang akan datang.b“Semoga MTQ tahun ini bisa menghasilkan pemenang yang berkualitas”, tukasnya.

Perlombaan MTQ FITK ini dibuka oleh Dr. Mardianto, M.Pd, selaku Dekan FITK. Dalam pembukaan MTQ UINSU Medan, Dekan menyatakan bahwa MTQ yang diadakan bukan hanya untuk mendapatkan piala semata, namun lebih dari pada membumikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“MTQ ini juga menjadikan bukti bahwa menghafal Alquran mampu menambah daya ingat dan daya baca dalam memahami keilmuan, hal ini juga selaras dengan konsep wahdatul ulum. Oleh karenanya ontologi, epistimologi dan aksiologinya dipersembahkan sebagai pengabdian kepada Tuhan dan didedikasikan bagi pengembangan, peradaban dan kesejahteraan umat manusia,” tegasnya.

Di tempat yang sama Dr. Muhammad Rifai, M.Pd, Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga menyampaikan bahwa perlombaan MTQ FITK UINSU Medan merupakan ajang kerjasama antara pihak prodi dalam mewujudkan generasi Qurani.

Perlombaan MTQ ini diikuti oleh seluruh prodi FITK UINSU Medan dengan 8 cabang perlombaan. Semoga para pemenang nantinya dapat mengharumkan FITK UINSU Medan di level perlombaan selanjutnya.