FITK UIN SU Medan Mengukuhkan Guru Profesional Bersertifikat

FITK UIN SU Medan Mengukuhkan Guru Profesional Bersertifikat

Medan (UIN Sumut)

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan FITK UIN Sumatera Utara Medan pada hari selasa mengukuhkan 505 orang guru tersebar di Indonesia. Mereka terdiri atas; guru Pendidikan Agama Islam 277 guru dan guru Madrasah 228. Kegiatan dilakukan di Aula Utama Wing Hotel Kualanamu Deli Serdang, sejumlah guru hadir secara luring, sementara guru yang berada di daerah lain mengikutinya dengan link zoom atau daring.

Kegiatan pengukuhan yang dilakukan oleh Rektor (diwakili Wakil Rektor I) Prof.Dr.Hasan Asari MA berlangsung hikmat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan Guru Profesional itu memiliki tugas dan tanggung jawab penuh terhadap kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Dari tangan-tangan merekalah akan lahir profesi lainnya, maka guru profesional adalah para perancang peradaban masa depan. Dr. Mardianto, M.Pd selaku Dekan menyampaikan bahwa FITK sampai kini dipercaya oleh Negara untuk membantu meningkatkan kualitas pendidik sebagaimana amanat UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pengalaman FITK ini sejak tahun 2006 sampai sekarang secara terus menerus kami membantu pemerintah khususnya Kementerian Agama RI dalam peningkatan kualitas pendidik baik dari jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) maupun Pendidikan Profesi Guru (PPG).


Ada hal yang berbeda pada pengukuhan ini, dimana skenario pembiayaan PPG disamping dari pemerintah juga disertai oleh partisipasi Pemda khususnya untuk guru PAI di sekolah. Empat pemerintah daerah yang tahun ini mengalokasikan dana untuk program ini adalah; Kabupaten Langkat, Kota Pematang Siantar, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Kerjasama antara pemerintah, Kementerian Agama, Pemerintah Daerah serta FITK UIN Sumatera Utara bukti dari kolaborasi peningkatan SDM menuju Sumatera Utara berperadaban.

Sambutan perwakilan dari Kepala Kantor Kementerian Agama RI Provinsi Sumatera Utara yang menyampaikan bahwa upaya pemerintah meningkatkan mutu guru sudah dilakukan secara tepat, dimana Pendidikan yang baik harus diimbangi dengan mutu guru yang baik pula. Masih banyak guru agama dan madrasah khususnya di Sumatera Utara kini menunggu giliran untuk di sertifikasi, keterbatasan pembiayaan negara mengakibatkan daftar antri begitu Panjang.

Azis Rusman, Ph.D selaku ketua Pendidikan Profesi Guru PPG LPTK UIN Sumatera Utara Menyatakan bahwan guru bersertifikat ini sesuai dengan SK Rektor Nomor 867 Tahun 2021 mereka dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat setelah menjalani sejumlah rangkaian yakni; orientasi, perkuliahan, penugasan uji kinerja, uji kompetensi sampai uji pengetahuan.

Prof.Dr.H.Syaiful Akhyar Lubis, MA selaku ketua Senat UIN Sumatera Utara Medan juga hadir memberi ucapan selamat kepada seluruh guru baik yang hadir secara luring maupun daring. Syukurilah apa yang kita dapati, dan bekerjalah secara tanggung jawab itu adalah bagian penting dari sebuah pekerjaan profesional.

Kegiatan Pengukuhan diakhiri dengan hymne guru memberi semangat bahwa pengabdian seorang guru bukan semata untuk kualitas Pendidikan hari ini, tetapi menghantarkan anak bangsa agar lebih bermartabat di masa mendatang.