Mahasiswi UIN Sumut Sabet Penghargaan “Best Delegate” dalam Konferensi Diplomasi Nusantara

Mahasiswi UIN Sumut Sabet Penghargaan “Best Delegate” dalam Konferensi Diplomasi Nusantara

Medan (UIN Sumut)

Young Leader Development Program (YLDP) yang diselenggarakan oleh Lembaga Forum Menggapai Mimpi Indonesia yang bergerak di bidang kepemudaan berskala Nasional hingga Internasional berlangsung selama empat hari tiga malam. Terhitung mulai dari tanggal 3 sampai dengan 6 Februari 2022 di Pekanbaru, Riau. Kegiatan nasional ini menyeleksi ketat ratusan peserta seluruh Indonesia, hingga akhirnya terpilihlah 12 delegasi terbaik dari masing-masing daerah setelah melewati proses seleksi berkas dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Kegiatan ini terkurikulum dalam pengembangan Softskill dan Hardskill pemuda serta simulasi Konferensi Internasional berbasis MUN (Model United Nation) yang diikuti oleh delegasi dari berbagai provinsi se-Indonesia. Perwakilan Sumatera Utara yang juga  berstatus sebagai Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) terpilih mengikuti kegiatan ini, yaitu Nurhasanah mahasiswi berprestasi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, angkatan 2017.

Ragam kesibukan produktif sang aktivis kampus yang sekarang masih menjabat sebagai MPA Akademi Mahasiswa Berprestasi UIN SU dan juga Staff Bendahara Forum Lingkar Pena Medan semakin mendongkrak semangatnya dalam berkarya dan berprestasi. Dalam konferensi diplomasi nusantara, Nurhasanah berhasil menyabet predikat “Best Delegate” atau disebut Delegasi Terbaik di antara Delegasi lainnya. Ia dikenal sosok yang cerdas, aktif, unik, humble, dan humoris. Tak heran bila ia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan YLDP dengan  sangat baik, dari mulai Coaching, Pelatihan Soft Skills, Konferensi Diplomasi, Presentasi Perencanaan Komunitas, hingga National Performance.  Ia juga menyuarakan aspirasi mengenai pendidikan di pelosok Sumatera Utara tepatnya di Desa Kurandak dan Salam Tani serta menampilkan tarian Tortor khas Sumatera Utara, Community Plan of Godang Herbal,  dan masuk nominasi Nusantara Performance juga Community Plan terbaik.

“Kesempatan emas bisa mengikuti kegiatan berskala nasional ini, apa lagi mendapatkan prestasi di dalamnya dan semakin mempererat relasi mahasiswa berprestasi se-Indonesia. Terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin Harahap, M.A, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sumatera, Dr. Nispul Khoiri, M.Ag, serta Ayahanda Prof. Dr. Muzakkir, M.A, dan juga pihak Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi Pendidikan Matematika khususnya Kaprodi PMM, Dr. Yahfizham, S.T., M.Cs yang telah mendukung penuh untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal. Terkhusus lagi ucapan terima kasih saya untuk kedua orang tua, keluarga, serta sahabat terbaik yang selalu mendoakan serta mendukung saya serta pihak lainnya yang sudah sangat memotivasi untuk komitmen serta konsisten dalam mengikuti kegiatan bergengsi ini,” ujar Nurhasanah.

Di akhir, Nurhasanah juga menambahkan manfaat ia mengikuti konferensi ini terhadap linieritas impiannya di masa depan, “Banyak hal baru yang saya dapatkan terlebih di kegiatan ini output-nya sangat membantu saya dalam mengembangkan rintisan Start Up yang saya kelola, serta semangat berbagi ilmu kepada orang lain, khususnya adik-adik binaan saya di Akademi Mawapres UIN SU” tutup Nurhasanah.