2.730 Peserta Lulus UM-PTKIN UIN SU Medan

2.730 Peserta Lulus UM-PTKIN UIN SU Medan

Medan (UIN SU)
Sebanyak 2.730 peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) dinyatakan lulus. Calon mahasiswa baru kampus Islam ini diimbau agar registrasi atau daftar ulang dan penentuan besaran uang kuliah tunggal (UKT).

Rektor UIN SU, Prof Dr Saidurrahman, MAg melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr Syafaruddin, MPd Selasa (25/8) menyampaikan, pelaksanaan UM-PTKIN beberapa waktu lalu menggunakan mekanisme Sistem Seleksi Akademik (SSE). Yaitu ujian daring yang diikuti peserta dari rumah atau tempat masing-masing dengan sistem, tahapan dan mekanisme daring yang teruji. Pengumuman jalur penerimaan mahasiswa baru ini dapat dilihat di laman https://pengumuman.um-ptkin.ac.id sejak Senin (24/8).

“Selamat kepada siswa yang lulus jalur UM-PTKIN 2020. Selamat bergabung dengan keluarga besar UIN SU. Peserta yang lulus agar segera registrasi untuk uang kuliah tunggal (UKT) dan daftar ulang. Proses tersebut secara daring di laman pmb.uinsu.ac.id,” jelas Prof Syafar.

Dijelaskannya, jumlah pendaftar pada jalur penerimaan mahasiswa baru ini mencapai 6.546 peserta. Terdiri dari 5.473 peserta yang mendaftar di panitia lokal UIN SU, sementara 1.073 peserta yang berasal dari luar daerah atau provinsi lain yang memilih program studi di UIN SU. Lima prodi favorit di kampus Islam ini untuk jalur UM-PTKIN yaitu prodi pendidikan agama Islam, perbankan syariah, pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, ekonomi Islam dan akuntansi syariah.

Informasi penting terkait penetuan UKT, jelasnya, jadwal pengisian portofolio UKT pada 26 Agustus hingga 9 September 2020. Lalu pengumuman besaran UKT tahap satu 10 September, untuk pengajuan klarifikasi atau banding UKT secara online 11-13 September, verifikasi banding tersebut pada 15-16 September 2020. “Pengumuman UKT tahap dua pada 21 September, pembayaran biaya UKT mahasiswa baru pada dan mahad serta pengunggahan dokumen daftar ulang mahasiswa pada 24 September hingga 9 Oktober 2020,” urainya.

Diketahui, UM-PTKIN merupakan salah satu dari lima jalur penerimaan mahasiswa baru di UIN SU yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SPAN-PTKIN dan jalur mandiri. Kuota keselurahan mahasiswa baru tahun ini 6.500. “Semoga dengan niat belajar dan menambah kemampuan diri di UIN SU akan menjadi modal yang memberikan peluang lebih besar untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir demi meraih masa depan cemerlang serta membahagiakan orangtua,” tukasnya.(humas)